Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Badan Akreditasi Perguruan Tinggi 2012

Badan Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 – Sebagai lembaga yang melakukan penilaian akreditasi, Badan Akreditasi Nasional selalu mengeluarkan daftar baru mengenai hasil penilaian akreditasi bagi Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, Politeknik, serta Lembaga Pendidikan tinggi lainnya.
Akreditasi Perguruan Tinggi 2012
Lembaga Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau yang disingkat BAN PT ini merupakan lembaga standar penilaian suatu Universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya khususnya di Akreditasi Perguruan Tinggi 2012.  Penilaian Akreditasi ini sangat lah penting bagi setiap perguruan tinggi di Indonesia karena dengan penilaian ini kita dapat tahu bagaimana kualitas pendidikan di Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, Politeknik, serta Lembaga Pendidikan tinggi lainnya.
Setiap tahunnya BAN PT selalu menerima pengajuan Akreditasi baru ataupun perpanjangan penilaian tersebut, khususnya dalam Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 terdapat beberapa PT yang telah mendapatkan hasilnya.  Berikut ini merupakan hasil dari Penilaian Akreditasi Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, Politeknik, serta Lembaga Pendidikan tinggi di tahun 2012, khususnya sampai dengan bulan Maret 2012 ( Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 )
Nomor SK Nama Perguruan Tinggi Peringkat
 001/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Islam Negeri Alaudin, Makassar  C (Cukup)
 002/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Bina Darma, Palembang  C (Cukup)
 003/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung  B (Baik)
 004/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor  B (Baik)
 005/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Politeknik Negeri Lhokseumawe, Lhokseumawe  C (Cukup)
 006/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo  C (Cukup)
 007/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Islam Riau, Pekanbaru  C (Cukup)
 008/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Kristen Indonesia, Jakarta  B (Baik)
 009/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kerinci, Sungai Penuh  C (Cukup)
 010/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Pekalongan, Pekalongan  C (Cukup)
 011/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Hang Tuah, Surabaya  C (Cukup)
 012/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja  B (Baik)
 013/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Satya Negara, Jakarta  C (Cukup)
 014/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012  Universitas Negeri Makassar, Makassar  B (Baik)

Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, Politeknik, serta Lembaga Pendidikan tinggi yang ingin memperoleh penilaian akreditasi maupun pendaftaran nilai baru harus mengumpulkan dokumen-dokumen yang disebut dengan borang dan instrumen penelitian akreditasi.  Proses Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 program studi dimulai dengan pelaksanaan evaluasi diri di program studi yang bersangkutan. Evaluasi diri tersebut mengacu pada pedoman evaluasi diri yang telah diterbitkan BAN-PT, namun, jika dianggap perlu, pihak pengelola program studi dapat menambahkan unsur-unsur yang akan dievaluasi sesuai dengan kepentingan program studi maupun institusi perguruan inggi yang bersangkutan. Dari hasil pelaksanaan evaluasi diri tersebut, dibuat sebuah rangkuman eksekutif (executive summary), yang selanjutnya rangkuman eksekutif tersebut dilampirkan dalam surat permohonan untuk diakreditasi yang dikirimkan ke sekretariat BAN-PT.


Daftar Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi 2012

Sekretariat BAN-PT akan mengkaji ringkasan eksekutif dari program studi tersebut, dan jika telah memenuhi semua kompoen yang diminta dalam pedoman evaluasi diri sekertariat BAN-PT akan mengirimkan instrumen akreditasi yang sesuai dengan tingkat program studi setelah instrumen akreditasi diisi, program studi mengirimkan seluruh berkas (instrumen akreditasi yang telah diisi dan lampirannya, beserta copy-nya) ke sekretariat BAN-PT. Jumlah copy yang harus disertakan untuk program studi tingkat Diploma dan Sarjana sebanyak 3 copy, sedangkan untuk program studi tingkat Magister dan Doktor sebanyak 4 copy. Penilaian dilakukan setelah seluruh berkas diterima secara lengkap oleh sekretariat BAN-PT berlaku untuk Akreditasi Perguruan Tinggi 2012.
Setiap civitas akademik maupun masyarakat bisa melihat Daftar Hasil Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 di seluruh Indonesia.  Hanya dengan membuka website BAN PT dengan alamat http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php.  Di website tersebut anda bisa melihat Kopertis Wilayah, Tingkat Pendidikan ( Diploma III, Diploma I, Diploma II, Sarjana, Magister,ataupun Doktoral), Nama Perguruan Tinggi, Nama Program Studi, Tahun.  Jadi yang dilakukan penilaian akreditasi adalah masing-masing program Studinya.
Bagi mahasiswa Penilaian Akreditasi ini sangatlah penting, karena sekarang ini ada banyak perusahaan yang mengisyaratkan nilai program studi yang memiliki akreditasi yang baik sebagai salah satu persyaratan lamaran pekerjaan.  Tentu hal Akreditasi Perguruan Tinggi 2012 akan berdampak positif bagi institusi pendidikan itu sendiri.

Artikel Terkait Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright JASA PEMBUATAN WEBSITE 2010 -2011 | Design by Andra Ghotic's Center | Published by Andra Templates | Powered by .